MALUKU

SELAYANG PANDANG

MALUKU 
Kepulawan Maluku merupakan salah satu dari 33 propinsi di Indonesia, yang terletak di bagian Timur Indonesia dimana sebagian besar wilayahnya merupakan lautan. Adapun batas-batas administrasinya : Sebelah Utara berbatasan dengan Propinsi Maluku Utara, Sebelah Selatan dengan Negara Timur Leste dan Australia, Sebelah Barat dengan Propinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Timur dan Sulawesi Tengah, dan sebelah Timur dengan Propinsi Papua 

Propinsi Maluku terdiri atas 9 Kabupaten dan 2 kota. Sembilan Kabupaten itu ialah Kabupaten Maluku Tengah dengan Ibu Kota Masohi, Kabupaten Seram Bahagian Barat dengan Ibu Kota Piru, Kabupaten Seram Bahagian Timur dengan Ibu Kota Bula, Kabupaten Buru dengan Ibu Kota Namlea, Kabupaten Buru Selatan dengan Ibu Kota Namrole, Kabupaten Maluku Tenggara dengan Ibu Kota Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan Ibu Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulawan Aru dengan Ibu Kota Dobo, Kabupaten Maluku Barat Daya dengan Ibu Kota Tiakur. dan Dua Kota yaitu Kota Ambon dan Kota Tual.

Maluku kembali menarik perhatian Dunia bukan hanya dengan identitas sebagai Pulau Rempah-Rempah dan keindahan surga bawah lautnya, melaikan sebagai Maluku yang kaya akan keanekaragaman budaya dan sejarahnya, menjadikan Maluku sebagai Tanah Para Raja.


AMBON
Pulau Ambon terletak di bahagian selatan Pulau Seram. Luas wilayanya sekitar 761 Km2 dengan tempratur udara rata-rata 23,30C.

Kota Ambon adalah Ibu Kota Propinsi Maluku. Berkembang sejak kejayaan perdagangan rempah-rempah, Kota Ambon kini menjelma menjadi pusat keramaian, Perdagangan, Pendidikan, Budaya dan Pemerintahan.

Benteng Nossa Seinhora da Annuciada dahulunya merupakan benteng milik Portugis. Namun diambil alih oleh Belanda pada tahun 1602 dan dinamai Kasteel Victoria. Setelah direnovasi berubah namanya menjadi Kasteel Niew Victoria dan Benteng Victoria pada akhirnya. Keberadaan Benteng ini memberikan suasana aman bagi masyarakat untuk bekerja maupun tingal, maka terbentuklah sebuah pemukiman penduduk lokal mula-mula dan menjadi Kota Ambon saat ini. Kota Ambon telah lama dikenal sebagai "Ambon Manise" (Ambon yang Indah).

Jumlah penduduk Kota Ambon pada pertengahan tahun2010 berdasarkan hasil sensus Penduduk (SP 2010) berjumlah 331,254 jiwa. Jika di bandingkan dengan jumlah penduduk pada tahun 2009, angka ini meningkat sangat tajam, yaitu sebesar 16,31%.

Kota Ambon memiliki 5 (lima) kecamatan, yaitu: Kecamatan Nusaniwe, Kecamatan Sirimau, Kecamatan Teluk Ambon, Kecamatan Teluk Ambon Baguala dan Kecamatan Leitimur Selatan. Selain itu, pada Pulau Ambon ada 3 (tiga) kecamatan yang masuk wilayah administrasi Maluku Tengah yaitu: Kecamatan Leihitu, Kecamatan Leihitu Barat dan Kecamatan Salahutu.
Pulau Ambon memiliki banyak pemandangan indah, tempat-tempat bersejarah dan budaya yang dapat dinikmati oleh parah pengunjung. Banyak pula taman bawah laut yang eksotis (Exotic Marine Paradise) yang bisa ditelusuri para penyelam. Selain itu dapat juga ditemukan tempat-tempat bersejarah seperti museum, benteng, mesjid dan gereja. Festival lokal, musik dan tari-tarian serta kuliner pun dapat dinikmati para pengunjung lengkap dengan keramahan masyarakatnya.